"Indahmu tak seindah pikirmu, cerahmu tak secerah matamu. Tapi kau tahu kau salah, mengapa kau membisu?"

Jumat, 24 Juni 2011

Aquascape, Sebuah Hiasan Hidup nan Menawan




Secara naluriah, aku tak begitu suka melihat akuarium. Meski indah bentuknya, cantik hiasannya, lucu-lucu jenis ikannya, enak dipandang mata, tapi aku kasian. Kasian melihat ikan-ikan yang berada di dalamnya. Ikan-ikan itu yang tadinya hidup bebas entah itu di laut, sungai, payau, atau danau, ditangkap lalu dimasukkan ke dalam kotak kaca ukuran tertentu. Lalu ditambah dengan hiasan-hiasan taman atau goa buatan mirip dengan habitat aslinya. Semua hiasan itu tentu saja 'bohongan' berupa mainan yang terbuat dari plastik atau bebatuan. Itu kan sama saja dengan penipuan terhadap ikan. Meski dirawat, airnya dikuras, diberi makan, tapi tetap saja, habitat mereka itu tidak di dalam kotak kaca.

Tapi itu semua anggapanku terhadap akuarium. Aku mencari solusi, ikan tanpa merasa terkekang, dan kita juga dapat manfaat dari sebuah akuarium. Akhirnya aku menemukan jawabannya baru-baru ini. Aquascape. Ada yang mengenalkan tentang dunia ikan dan tumbuhan air padaku. Aku dapat menyelami kehidupan bawah air tersebut lebih dekat. Prinsipnya sama dengan menata taman di halaman rumah, tapi ini di dalam air dan ukurannya mini. Taman mini di dalam akuarium dengan ikan-ikan kecil yang hidup di dalamnya. Tumbuhan air pun beragam.

Jika menata akuarium dengan hiasan hidup seperti itu, tumbuhan yang benar-benar hidup, bukan tumbuhan plastik, Ikan juga akan merasa nyaman hidup di dalamnya. Karena mereka hidup bersama tanaman air yang membuat air lebih segar dan senyawa mikro yang menjadi makanan bagi ikan. Ada simbiosis mutualisme di dalam akuarium. Kita yang menatanya juga tak sekadar membuat akuarium sebagai hiasan, tapi juga penyegar ruangan. Air, suara gelembung, taman mungil, ikan hias, akan menjadi peneman kita sepanjang hari di dalam ruangan. Ada oksigen tambahan yang membantu pergerakan sirkulasi udara. Kita memperoleh ilmu tentang beragam tanaman air, ikan, dan penataan taman, ikan juga dapat asik bermain di dalamnya, tumbuhan juga tumbuh subur bergoyang-goyang di dalam air. Apalagi yang dapat memuaskan hati?

Indah, cantik, menarik tanpa harus menipu ikan, itu lebih baik kan?! Dan aku mendapat ilmunya dari seseorang. Dan mendapat pengalaman langsung untuk menata taman mungil itu.

7 komentar:

  1. dan orang yang mengenalkan tentang aquascape adalah junisatya... jreng jreng... hahaha

    BalasHapus
  2. hahah..ssssttt...jgn disebut ahh namanya. ntar dia GR, repot gw......hahahhha

    BalasHapus
  3. mksudnya? emang seperti apa jo?

    BalasHapus
  4. uah itu nama junis*tyanya ganti dg hamba-Allah aja hehe...
    btw, tulisan ini jg spt aquascape... hidup, ngalir, dan ringan hohohoho

    BalasHapus
  5. hahah. Junis*tya hamba Allah. udah kaya sumbangan ajah :D
    wink..hidup, ngalir, dan ringan....kaya belut. licin. hihihi. makasi yah

    BalasHapus
  6. aquascape diatas punya elo?????????????????????????????

    BalasHapus